7 Manfaat bawang bombay untuk kecantikan, mencegah penuaan dini

 

Bawang bombay memiliki nama latin Allium Cepa Linnaeus. Bawang bombay memiliki bentuk bulat dan lebih besar dari bawang-bawang lainnya. Bawang bombay sangat nikmat karena memberikan aroma masakan lebih lezat.

Bawang bombay punya aroma begitu menyengat. Namun di balik aromanya yang khas itu, bawang bombay mengandung banyak manfaat untuk kesehatan lho. Bawang yang bertekstur tebal ini dipercaya ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, bawang bombay juga ternyata bermanfaat untuk kecantikan. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, 7 manfaat bawang bombay untuk kecantikan.

1. Mengobati jerawat.

Buat kamu yang memiliki masalah jerawat dan ingin mencoba memakai bahan-bahan alami, bawang bombay adalah salah satu pilihannya. Kandungan yang terdapat pada bawang bombay yaitu antimikroba, antibakteri dan anti peradangan dapat menjadi jawaban untuk mengatasi jerawat.

Caranya, campurkan 1 sendok makan ekstrak bawang bombay dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Kemudian, oleskan pada kulit wajah selama 20 menit. Setelah itu, cuci wajah sampai bersih.

2. Mengurangi efek penuaan.

Bawang bombay mengandung quercetin, radikal bebas, dan antioksidan. Ketiga kandungan tersebut mapu menjaga kulit agar terbebas dari kerutan, menjaga kulit agar tetap lembut, dan kenyal. Cara penggunaannya, buat bawang bombay jadi sari, basahi kapas dengan sari bawang bombay, oleskan ke seluruh kulit.

3. Menghilangkan flek hitam.

Flek hitam yang muncul akibat terpapar sinar matahari dapat diatasi dengan bawang bombay. Bawang bombay memiliki kandungan fitonurien dan antioksidan yang membantu proses regenerasi kulit. Caranya mudah, cukup campurkan sari jeruk lemon dan ekstrak bawang bombay, oleskan pada kulit menggunakan kapas.

4. Membuat kulit glowing.

Bawang bombay mengandung vitamin C yang sering dipakai produk kecantikan untuk mencerahkan dan membuat kulit glowing alami. Caranya, gunakan bawang bombay sebagai masker wajah. Campurkan sari bawang bombay, tepung beras, susu, dan pala. Campurkan hingga tekstur mengental agar mudah digunakan sebagai masker.

5. Mengatasi ketombe.

Bawang bombay dipercaya dapat menghilangkan bakteri yang hidup pada kulit kepala. Siapkan fenugreek seed yang sudah direndam satu malam. Kemudian, haluskan dan tambahkan ekstrak bawang bombay. Ratakan pada kulit kepala seperti memakai hair mask. Kemudian, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Menghilangkan rambut yang beruban.

Sebelum melakukan cat rambut untuk menutupi uban, bawang bombay dapat dicoba untuk mengatasinya. Caranya, rebus lima buah bawang bombay dengan satu liter air selama 10 menit. Saat sudah dingin, oleskan ke kulit kepala. Tunggu sampai kering, cuci kulit kepala dengan sampo.

7. Menghilangkan kutu rambut.

Kutu rambut bisa dicegah dengan bawang bombay. Caranya, cukup haluskan empat hingga lima bawang bombay kemudian saring untuk mengambil sarinya saja. Pijatkan sari bawang bombay ke kulit kepala, tutup dengan shower cap selama dua jam. Bilas rambut dengan air hangat.

Itu tadi 7 manfaat bawang Bombay untuk kesehatan. Untuk memperoleh bawang bombay berkualitas segar, caranya sangat mudah, Kamu bisa pesan buah pisang secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain bawang ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub. Lengkap bukan?

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya