Keripik Pisang Kepok Bisa Jadi Alternatif Camilan Sehat, Begini Cara Membuatnya

Keripik pisang kepok merupakan camilan yang cocok dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Sama seperti buah aslinya, ternyata ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi keripik pisang kepok. Manfaat-manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan gizi dalam keripik pisang kepok

Meskipun telah melalui beberapa proses pengolahan, keripik pisang kepok ternyata masih mempunyai beberapa kandungan nutrisi di dalamnya. Namun, kandungan nutrisi ini tentunya jauh lebih kecil jika dibandingkan buah pisang kepok sisir yang tidak diolah.

Berikut ini kandungan gizi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi 1 cup (72 gram) keripik pisang kepok menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA):

  • Kalori: 374 kalori
  • Protein: 16 gram
  • Karbohidrat: 42 gram
  • Serat: 5,5 gram
  • Gula: 25 gram
  • Total lemak: 25 gram
  • Lemak jenuh: 21 gram
  • Kalium: 8% dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh
  • Vitamin B6: 11% dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh

Meski mengandung beragam nutrisi, mengonsumsi keripik pisang kepok secara berlebihan berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Dampak buruk ini tidak lepas dari tingginya kandungan kalori, gula, dan lemak dalam keripik pisang kepok.

Manfaat mengonsumsi keripik pisang kepok

Kandungan nutrisi yang ada dalam keripik pisang kepok memang tidak sebesar buah yang tidak diolah. Namun, masih ada sejumlah manfaat pisang kepok yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi camilan satu ini. Jika Anda membuat keripik pisang kepok sendiri, jumlah gula yang ditambahkan dapat disesuaikan dengan preferensi rasa dan kondisi kesehatan masing-masing orang.

Keripik pisang kepok bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan keripik kentang. Menurut data FDA, keripik pisang kepok mempunyai lebih banyak kandungan serat. Kandungan serat dalam keripik kentang diketahui lebih dari 1 gram, sementara kentang hanya mengandung 0,6 gram serat.

Meski jumlahnya terbilang kecil, kandungan serat keripik pisang kepok dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan. Hal ini tentunya cocok bagi Anda yang hendak menurunkan berat badan. Sebuah studi menunjukkan, peningkatan asupan serat membuat penurunan berat  badan dalam diet kalori terbatas menjadi lebih berhasil.

Selain itu, kandungan natrium dalam keripik pisang kepok biasanya lebih rendah dibandingkan keripik lain. Ketika dipadukan dengan kandungan kalium di dalamnya, keripik pisang kepok dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun, potensi manfaat tersebut bergantung pada bagaimana proses yang dilakukan untuk mengolah pisang kepok menjadi keripik. Apabila diolah dengan cara digoreng, ditambahkan banyak gula maupun pemanis buatan lainnya, keripik pisang kepok yang Anda makan kemungkinan tidak akan memberikan manfaat apa pun bagi kesehatan Anda.

Cara mudah membuat keripik pisang kepok yang sehat

Untuk menghindari risiko kesehatan yang ditimbulkan, Anda sebaiknya membuat keripik pisang kepok sendiri di rumah. Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan untuk membuat keripik pisang kepok.

Agar kadar lemak dalam keripik pisang kepok tetap rendah, olahlah dengan cara dipanggang atau dikeringkan. Untuk mengeringkan pisang kepok, Anda bisa menggunakan air fryer. Sementara itu, oven menjadi pilihan tepat jika Anda ingin membuat keripik pisang kepok dengan cara dipanggang.

Berikut ini cara mudah membuat keripik pisang kepok yang sehat menggunakan oven:

  • Pilih pisang kepok yang belum terlalu matang. Jika terlalu matang, empuknya tekstur pisang kepok akan membuat bentuknya tidak beraturan ketika dipanggang.
  • Iris tipis pisang kepok menjadi berbentuk oval.
  • Letakkan pisang kepok yang telah diiris ke atas loyang. Jangan lupa untuk melapisi loyang dengan kertas roti sebelumnya.
  • Supaya lebih sehat, Anda tidak perlu memberikan tambahan gula. Ganti dengan perasan jeruk lemon, bubuk kayu manis, atau rempah favorit Anda agar rasanya semakin nikmat.
  • Panggang dengan suhu 200 derajat sekitar 1 jam
  • Keluarkan loyang, balik irisan pisang kepok. Masukkan kembali ke dalam oven dan panggang kembali selama 30 menit

Itulah beberapa manfaat dari pisang kepok yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan pisang kepok aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya.

Selain pisang kepok, Anda juga dapat membeli aneka produk kebutuhan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat